Tuesday, January 2, 2018

OSI Layer (Open system interconnection)

Posted by Belajar Islam on January 02, 2018 with No comments
 

 
Assalamu'alaikum Warahmatullahi 

Wabarakatuh



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ





A. pendahuluan
Di blog saya kali ini saya akan menuliskan tentang Osi layer(Open system interconnection).

1.Pengertian
Osi Refence for open nekworking adalah sebuah arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan internasional organization for standardization(ISO) di Eropa pada tahun 1977.Osi sendiri memiliki singkatan yakni Open system interconnection.
2. latar belakang
Osi Referensi model for open networking ialah sebuah arsitektual jaringan yang dikembangkan oleh Iso di Epropa pada tahun 1977.
Osi memiliki singkatan open system interconnection sebelum munculnya model referensi osi ,sistem jaringan komputer sangat tergantung pada pemasok (vendor).osi berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperabilitas antar pemasok yang berbeda.
Model referensi pada awalnya ditunjukkan sebagai basis untuk mengembangkan protokol protokol jaringan.Meski kenyataannya inisiatif ini mengalami kegagalan,pemerintah Amerika serikat mencoba untuk mendukung protokol Osi pada tahun 1980an dengan engimplementasikan beberapa standar yang disebut GOSIB.Meski demikian usaha ini ditinggalkan pada tahun 1955.

3.Maksud dan tujuan
Agar dapat mengerti dan memahami Osi layer sebagai dasar dasar sebelum
melakukan konfirugasi dan instalasi .
Supaya lancar atau memudahkan kita saat melakukan konfigurasi dan instalasi.
Supaya kita benar benar mengerti dan faham tentang Osi layer sebelum lanjut ke konfigurasi dan instalasi.

4.Hasil yang diharapkan
kita bisa lancar dan sukses dalam melakukan konfigurasi dan instalasi.
Dan supaya bisa mengetahui letak kesalahan saat proses konfigurasi dan instalasi gagal lalu kita bisa mengulang atau memperbaik.


B.Alat dan bahan
laptop atau pc
file tentang osi layer

C.Jangka waktu pelaksaan
untuk memahami dan bisa faham tentang osi layer beserta ketujuh lapisan dan fungsinya di butuhkan waktu lumayan cukup lama , kira kira ada 2-3 jam. Sesuai dengan tingkat kecerdasan . Mungkin yang cerdas hanya dalam waktu 15 menit mereka sudah faham.
D.Proses dan tahapan
pertama pengertian dari Osi layer yakni Osi layer adalah sebuah model referensi arsitektur antarmuka yang dikembangkan oleh ISO.lalu dilanjutkan lapisan lapisan osi layer yang terdapat dari tujuh lapisan.
1. lapisan physical layer / fisik yakni lapisan yang berfungsi untuk medefinisikan
media transmisi jaringan,untuk transfer data menggunakan Wifi,Wireles,ATM,PPP.
2.lapisan data link layer yakni lapisan yang berfungsi untuk menentukan
bagaimana bit bit data dikelompokkan menjadi format. Dan terdapat mac address sebagai pengalamatan yang diberikan ke suatu perangkat. Setiap perangkat mac address nya tidak sama.
3. Network layer yang berfungsi untuk medefinisikan alamat alamat ip.
4.Transport layer yang berfungsi untuk memecah data ke dalam paket paket data serta memberikan nomor urut paket paket sehingga dapat disusun kembali pada tujuan dan mentransmisikan ulang paket paket yang hilang di tengah jalan.
5.Session layer berfungsi untuk mendefinisikan bagamana koneksi dapat dibuat, dipelihara dan dihancurkan.
6.presentation layer berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak di transmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang di transmisikan melalui jaringa protokol.
7. Application layer berfunsi sebagai antarmuka denga aplikasi dengan fungsionalitasjarinagn, mengatur bagaimana apikasi dapat di mengakses jaringan, dan kemudiamembuat pesan pesan kesalahan.protokol yang berada di dalam yakni HTTP,FTP,SMTP, dan NFS.

E. Hasil yang diharapkan
saya bisa mengerti dan faham tentang osi layer dan ketujuh lapisannya beserta funsinya , bisa melakukan konfigurasi dan instalasi dengan lancar.

F. temuan permasalahan
saya sulit untuk bekonsentrasi dan fokus dalam menyimak pelajaran, saya kesulitan untuk memahami dan faham tentang osi layer.

G.Kesimpulan
Osi layer adalah Model referensi arsitektural antarmuka yang dikembangkan oleh ISO. Osi layer memiliki tujuh lapisan yalni lapisan physical layer, data link layer, network layer,transport layer, session layer,presentation layer, Aplplication layer.

H. referensi dan daftar pusaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI




Wassalamu'alaikum Warahmatullahi 


Wabarakatuh


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ












0 comments:

Post a Comment