Wednesday, April 11, 2018

INSTALL WINDOWS 7 DI VIRTUALBOX

Posted by Belajar Islam on April 11, 2018 with No comments



A. Pendahuluan 
      Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh , selamat Siang , semoga aktiitas lancar sesuai harapan kita. Pada Kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai langkah installasi Windows 7 di Virtualbox.

1. Pengertian
    Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan windosw adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft,  dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
   sistem operasi windows telah berevolusi dari MS-DOS sebuah sistem operasi yang berbasis modus tesk dan command-line. Windows versi pertama,Windows graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan Novembar Tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

 2. Latar belakang atau sejarah
     Dimula dari DosShell For Dos 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0 nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai program windows(jendela Program). Windows versi 2 adalah windows pertama yang bisa diinstal program .satu-satunya program yang bisa di tambahkan adalah Microsoft Word versi 1.Windows versi 3 yang menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak ,kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. windows versi 3.1 adalah versi windows  yang bisa mengoptimalkan penggunaannya pada prosessor 32-bit intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi terakhir sebelum era strat menu. windows 3.11 pun aadalah versi windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida Tersebut mengistalasi dirinya dengan DOS 7. Tidak seperti WIndows Versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu . Aplikasi pun berbeda. Meskipun windows 9x dapat menjalankan aplikasi windows 16-bit namun windows 9x memiliki grade aplikasi sendiri -x86-32, windows 9x sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

3.Maksud dan Tujuan
  Mempelajari sistem Operasi Windows , tujuan untuk install sistem operasi windows .

B. Alat dan Bahan
 Laptop
 Virtualbox
 Iso windows 7

C. Jangka waktu pelaksanaan
      1-2 jam

D.Proses dan Tahapan
   
1. Buka virtualbox -> isikan nama, type dan versi di mesin virtualbox.



2. Atur RAM pada mesin virtualbox , disini saya sebanyak 512 MB -> Next



3.  Pilih  Create a virtual hardisk disk now


4. pilih VDI -> Next



5. Pilih Dynamically allocated -> Next


6.  Atur ukuran hard disk  yang akan digunakan untuk virtual



7. setalah selesai, Klik start untuk memulai instalasi -> klik icon dibagian kanan untuk memilih file iso -> start




8. Pada step ini kita disuruh memilih bahasa, Format waktu dan jenis kerbord. untuk indonesia jenis keyboar yang digunakan adalah US , Selanjutnya klik Next untuk melanjutnya installasi.


9. Klik install now untuk memulai proses instalasinya



10.Selanjutnya maka akan tampil bagian lisensi penggunaan untuk windows 7 centang opsi " I Accept the license terms " dan kemudian klik tombol Next.




11. Pada bagian ini ada 2 opsi pilihan untuk melanjutnkan proses instalasi .Opsi upgrade digunakan untuk memperbarui versi windows yang sudah ada di komputer. sedangkan pilihan custom (advanced) untuk proses installasi windows 7 baru. Maka disini saya pilih opsi "Custom (advanced).



12. Dibagian ini kita akan melakukan partisi hard disk .untuk membuat partisi baru posisikan kursor pada unnalocated space dan kemudian tekan menu drive options (Advanced) untuk menampilkan opsi pembuatan harddisk .kita dapat menentukan ukuran harddisk bedasarkan sisa kapasitas( space) hard disk yang tersisa. selanjutnya klik Applay.


setelah pembuatan partisi selesai klik Next




13. Dalam proses instalasi ,akan terjadi booting dan melanjutkan prose instalasi secara otomatis.




14. Di bagian ini adalah pembuatan account pengguna windows 7. klik tombol Next





15.  Selanjutnya membuat password untuk user yang telah dibuat. klik tombol Next .




16.  Pada bagian ini kita akan mengisi serial key . klik Next




17. Pada bagian ini pengaturan update windows 7 .pilih opsi " use recommended setting"

18. selanjutnya pengaturab zona waktu, tanggal dan Bulan, lalu klik Next



 19. pilih salah satu opsi untuk pengaturan koneksi




20. Kemudian merestart dan windows 7 sudah selesai diinstall.





D. Kesimpulan
  windosw adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft,  dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Sekian ,semoga bermanfaat Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


0 comments:

Post a Comment