Thursday, April 12, 2018

Panduan pengguaan OpenSID

Posted by Belajar Islam on April 12, 2018 with No comments



A.Pendahuluan
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat sore pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing Mengenai Panduan penggunaan OpenSID.

1. Pengertian
 OpenSID adalah sistem informasi Desa (SID) yang sengaja dibuat supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID.

2. Latar belakang
 Mempelajari OpenSID

3. Maksud dan Tujuan
   agar bisa mengoperasikan Opensid dengan baik dan benar.

B. Alat dan bahan
  Laptop dan koneksi internet

C. Jangka waktu pelaksanaan
   3 Jam

D.Pembahan Materi

a.Modul Adminitrasi
  panduan bagian ini berurusan dengan fitur yang ada di modul administrasi .Di instalasi standar, modul Adminitrsi dapat di akses di http://localhost/OpenSID/index.php/siteman. atau bisa juga di tautan we . (http://localhost/OpenSID)
agar lebih aman sebaikkannya passwordnya diganti .




 Modul Admistrasi akan muncul, bisa dilihat gambar di bawah ini.


 OpenSid menyediakan berbagai
setting konfigurasi untuk menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan Desa.Misalnya ada setting untuk menggantikan sebutan desa dengan kata lain, Misalnya kampung . dan panduan lainnya.

  • Identitas Desa
Di Form ini, berfungsi untuk memasukkan data dasar Desa seperti Nama, Alamat kantor Desa ,logo Desa dan sebagainya.

  •  Pemerintahan Desa

Di form ini berfungsi untuk mengelola daftar perangkat Desa, seperti kepala Desa ,sekretaris Desa dan sebagainya, perangkat Desa yang terdaftar di laman ini akan tampil sebagai anggota pemerintah Desa yang dapat menandatangani surat di modul cetak surat.

  • SID
di form ini berfunsi untuk mengelola tautan SID.

  • Salah satu fungsi utama SID adalah untuk mengelola data penduduk desa.
petugas Sid di desa perlu selalu berusaha agar data penduduk yang trsimpan dalam SID langkap,akurat dan Terkini.

 Panduan untuk sub Menu penduduk:
-  Wilayah Administrasi
- Keluarga
-Penduduk
-Rumah Tangga
- Kelompok
-Data suplemen
-Calon pemilih

  • Menu ini berisi fitur untuk menampilkan berbagai statistik kependudukan termasuk laporan bulanan , untuk sub menunya.
        -Statistik Kependudukan
        - Laporan Kependudukan
        - Laporan Kelompok Rentan

  •  Fungsi SID di form ini sangat membantu kantor Desa untuk mencetak berbagai surat administrasi kependudukan yang biasa disiapkan oleh kantor Desa. data untuk setiap surat diambil secara lansung dari database penduduk. MOdul cetak surat menyediakan untuk mencetak surat , menyelolan arsip layanan , untuk mengelola jenis surat yang disediakan dan untuk mengubah format surat sesuai kebutuhan Desa.
  •  Tab surat keluar digunakan untuk mengelola surat keluar non-layanan yang dikeluarkan oleh kantor Desa.
  • Tab Surat Masuk digunakan untuk mengelola surat Masuk yang diterima kantor Desa. Petunjuk pengelolaan surat masuk menggunkan OpenSID.
  • Tab SK Kades digunakan untuk mengelola arsip SK kepada Desa.
  • Tab Pdes digunakan untuk megelola arsip peraturan Desa.
  • Tab Inventaris Desa digunakan untuk mengelola inventaris barang dan kekeyaan Desa.

  • Menu Analisis tempat mengelola data hasil survei sesaat , seperti kemiskinan partisiasi atau tempat menyerap data yang perlu dikelola berkisinambungan , seperti profil Desa dan kelurahan.

  • Program bantuan yang dikelola Desa, sepert bantuan pada kelompok masyarakat tertentu , dapat direkam di SID pada Modul Bantuan.

  • Modul Data persil adalah modul untuk pengolaan data dokume tentang kepemilikan lahan.


  • Petunjuk Modul plan untuk mengisi data peta/GIS.


  • petunjuk pengolaan Peta


  • Modul SMS memungkinkan Desa menrgirim sms secara massal kepada banyak penerima atau kepada perorangan .SMS sikirim.diterima menggunakan library.layanan eksternal yang perlu diintegrasikan dulu dengan modul sms.

  • SID mengenal beberapa kategori pengguna ,diman masing-masing kategori mempunyai hak akses tertentu.

  • Modul Database menyediakan fitur terkait administrasi database SID, impor data, ekpor data, backup/restore dan sebagainya.

  • Layanan Mandiri memungkinkan warga untuk mengakses data mereka sendiri (seperti Biodata dan Kartu ) dan mengirimkan laporan kepada kantor desa melalui web Desa.
 E. Kesimpulan
 Di modul administrasi terdapat beberapa sub menu yakni: SID home, penduduk, statik, cetak surat, sekretariat, analisis, Bantuan, persil, plan ,peta, sms, pengguna, Database, Admin Web , dan laporan.

F. Referensi dan daftar pusaka
 https://github.com/OpenSID/OpenSID
 

Sekian , mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan , Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh




























0 comments:

Post a Comment