Wednesday, April 4, 2018

Sistem operasi Debian

Posted by Belajar Islam on April 04, 2018 with No comments



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



A.Pendahulauan
 selamat pagi... pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan mengenai sistem operasi Debian  yang saya pelajari saat saya PKL di BLC telkom.

1.Pengertian
    Debian adalah sistem operasi komputer yang disusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General pulbic license dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya.Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem perasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi linux yang popmuler dan berpengaruh.Debian didistribusikan dengan akses kr repository dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.
2. Sejarah
  Distro GNU/Linux ini berdiri pada tanggal 16agustus 1993 yang diciptakan oleh lan MUrdock. Nama Debian ini diambill dari penyatuan dua nama yakni Debbie dan lan Murdock. Debbie adalah instri lan Murdock- sang pembuat distro Debian GNU/Linux.
   Distro ini sering disebut-sebut sebagai pure GNU/Linux karena satu-satunya distro yang sampai saat ini masih menurut asas free software.Debian sendiri memiliki sistem pemaketan sendiri(*Deb).paket-paket yang akan dipaketkan ke dalam distro debian haruslah menurut Debian Free software Guidelines.
selain itu,pakey-paket tersebut harus melalui 3 fase penyeleksinya paket yakni stabel,testing dan unstable.untuk melewati ke tiga fase tersebut,sampai mendapatkan predikat software stable biasanya memakan waktu yang cukup lama.patut untuk diketahui bahwa saat ini versi debian baru mencapai 3.0 padahal distro ini telah berdiri sebelum distro Redhat ataupun susE interval waktu sari satu rilis ke rilis berikutnya biasanya memerlukan waktu sekitar 4 tahunan.

3.Kelebihan dan kekurangan Debian
  KELEBIHAN
  • Paket Debian dikenal super-stabil yang diartikan bukan merupakan  state of the art.
  • kesetabilan program yang telah diuji,sistem tidak mudh mengalami hang.walaupun telah menjalankan program secara terus menerus dalam kurun waktu yang relatif lama.
  • sistem pemeliharaan paket berbasis program "APT" yang canggih
  • sistem hanya direboot setelah mengganti kernel,mati listrik,atau pengantian perangkat keras.
  • Open source artinya semua listing program dari source code sistem operasi terseut dapat dilihat dan di modifikasi tanpa adanya larangan dari siapapun.
  • Debian Linux merupakan sistem operasi cross platfrorm yang dapat dijalankan pada hampir semua jenis/tipe komputer yang ada saat ini.
 KEKURANGAN
  • siklus pengembangan distro sangat konservatif alias lambat
  • para pengembang tidak mengenal istilah "dead line" sehingga jangka waktu antar rilis dapat bertahun-tahun.
  • versi software yang dipakai debian biasanya lebih tua dari yang sudah dirilis saat ini.
  • sulit dikonfigurasi pada saat diinstall pertama kali
  • perlu repository besar (40-60 GB).
4. Beberapa distro turunan  Debian GNU/Linux
  • Demo Linux
    Merupakan distro GNU/Linux yang dapat dijalankan tanpa installasi ataupun  partisi hardisk
  • Gibraltar
   Merupakan distro yang khusus diperuntukkan untuk firewall/router.
  • Knoppix
  Distro ini salah satu distro yang banyak digunakan oleh pengguna GNU/Linux karna kemudahan dalam pemakaian serta tidak perlu melakukan instalasi. selain itu dengan distro ini anda dapat meng-hardisk-kan knoppix.dukungan hadware juga sangat lengkap sehingga distro ini sangat bagus untuk digunakan.
  • Libranet
      Distro ini memaketkan paketnya dengan kemudahan yang diberikan dalam  hal installasi.
  • Linex
     Distro Linex dikembangkan oleh "The regional goverment of extramadura (spain)" dengan tujuan untuk memigrasikan seluruh operation system Distro ini. khusus ditujukan untuk keperluan perkantoran dan bisnis.
  • Stromix
     Para pengembang distro stromix mengklaim distro buatannya sebagai distribusi GNU/Linux yang sangat stabil dan aman.
  • ThinkNIC
     Informasi tentang distro ini dapat anda peloreh di website http://www.thinknic.com.
  • TuxTops
  Distro  TuxTops Khusus untuk penginstallan Debian GNU/Linux pada Notebook


5. Rilis Debian GNU/Linux 
  Nama rilis Debian GNU/Linux diambil dari :toy strory movies" seperti Hamm, slink.potato, woody,sid,sargr. sedangkan kesetabilan paketnya berbagi atas versi stable,forzen,testing, unstable.
  Rilis Unstable diperuntukan bagi paket-paket terbaru dan update paket lama.
sedangkan penggunaan paket terbaru dan tidak mengandung resiko dapat menggunakan rilis paket terting.paket terbaru dan tidak mengandung
Waktu pengujian dari rilis unstable hingga mencapai testing dibutuhkan waktu sekitar beberapa minggu.Rilis paket frozen menggunakan tahapan paket-paket software yang telah melewati rilis testing akan digabungkan ke dalam distr Debian GNU/Linux untuk diuji kinerja paket softwarenya dan memastikan tidak adanya bug pada paket software tersebut.Tahapan selanjunya adalah rilis paket stable dimana waktu pengujian rilis ini membtuhkan waktu sekitar 8 bulan.

 B.Alat dan Bahan
  Laptop dan ebook TKJ

C.Kesimpulan
  Debian adalah sistem operasi komputer yang disusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General pulbic license dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya.
  Distro GNU/Linux ini berdiri pada tanggal 16agustus 1993 yang diciptakan oleh lan MUrdock.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh







0 comments:

Post a Comment