Sunday, April 1, 2018

Training MTCNA Hari ke-3

Posted by Belajar Islam on April 01, 2018 with No comments





 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu


 A.Pendahuluan
selamat pagi.... pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing mengenai kegiatan Training MTCNA hari ke-3 yang diselanggarakan di BLC Telkom Klaten yang membahas Tentang
1.uraian Materi

A.BRIDGING

a.Bridge
Network Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. jembatan jaringan beroperasi di layer 2 Data-link Model OSI. Jembatan juga daoat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda ,seperti halnya antara media kabel unshielded twisted-oair(UTP) dengan serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda,seperti hal nya antara Token-ring dan Ethernet. bisa dilihat gambar di bawah ini.


untuk kekurangan nya




disini saya hanya menuliskan materi dan konsep , untuk lab nya gak .

b.Wireleass bridge
Wireless Bridge adalah mode access point yang menmungkinkan dua atau lebih access point dapat menghubungkan jaringan lokal yang terhubung pada acces point tersebut.



B. ROUTING


Routing adalah  teknik menghubungkan jaringan yang memilki network berbeda.Routing sendiri sebagian di bagi menjadi 2 teknik,yaitu static dan Dynamic.
Routing static itu merupakan jenis dari routing yang dilakukan oleh admin jaringan untuk mengkonfigurasi tentang jaringan yang dituju dan semua itu dilakukan secara manual.
Routing Dynamic atau biasa disebut Dynamic Route adalah sebuah router yang membuat tabel routing secara otomatis . tabel routing merupakan tabel tabel yang membuat tentang seluruh ip address dari interface router dan juga memuat tentang informasi routingnya.
Routing bekerja pada OSI Layer 3 (Network) , untuk menghubungkan network yang berbeda segmen memerlukan proses routing yang disebut dengan Router.


Routerboard yang berfungsi sebagai router akan menjembabatani komunikasi antar network yang berbeda.

C.WIRELESS


Wireless Network adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sesama sistem komputer tanpa menggunakan kabel.jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak dekat (beberapa meter,memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit).
Mikrotik RouterOS menyediakan dukungan lengkap untuk IEEE 802.11a /n/ac (5GHz) dan jaringan nirkabel 802.11b /g/n (2.4GHz).  ada beberapa standarisasi dan  frequensy di wireless .



channesl 80211-b




channels 80211-a


Wireless lebar channel
lebar channel adalah rentang frekuensi batas bawah atas dalam 1 channels.
Mikrotik dapat mengatur beberapa channel yang akan digunakan.default lebar channel yang digunakan adalah 22 Mhz (ditulis 20MHz).
lebar channel dapat dikecilkan (5MHz) untuk meminimasil frekuensi atau dibesarkan (40MHz) untuk mendapatkan troughtput yang lebih besar.

untuk konsep koneksi Wireless


untuk mode interface wireless ada banyak bisa dilihat gambar di bawah ini.



fungsi dari setiap mode wireless



D.Kesimpulan
 Network Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan.
 Routing adalah  teknik menghubungkan jaringan yang memilki network berbeda.Routing sendiri sebagian di bagi menjadi 2 teknik,yaitu static dan Dynamic. 
 Wireless Network adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sesama sistem komputer tanpa menggunakan kabel.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh







0 comments:

Post a Comment