Tuesday, April 3, 2018

Training MTCRE hari ke-2

Posted by Belajar Islam on April 03, 2018 with No comments


 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

A.Pendahuluan
selamat pagi... pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing mengenai materi yang dibahas saat Training MTCRE hari ke-2 di BLC Telkom.
B.Pembahasan Materi
 Virtual  local Area network (VLAN) adalah Motode Layer yang memungkinkan beberpan virtual LAN pada satu antarmuka fisik(Ethernet,nirkabel,dll), memberikan kemampuan untuk memisahkan LAN secara efisien. Anda dapat menggunakan Mikrotik RouterOS (serta cisco IOS,Linux dan sistem router lainnya) untuk menandai paket-paket ini serta untuk menerima dan mengarahkan rute yang ditandai.karena VLAN berfungsi pada OSI layer 2,VLAN dapat digunakan sama seperti antarmuka jaringan lainnya tanpa batasan apa pun.VLAN berhasil melewati jembatan ethernet biasa.
    Anda juga dapat mengangkut VLAN melalui tautan nrkabel dan menempatan beberapa antarmuka VLAN pada satu antarmuka nirkabel.perhatiakan bahwa  Vlan bukan Protokol tunnel penuh(yaitu ,tidak memilki kolom tambahan untuk mentransmisikan alamat mac pengiriman dan penerima),pembatasan yang sama berlaku untuk menjebatani Vlan antarmuka nirkabel. Dengan kata lain klien nirkabel dpat berpartisipasi dalam vlan yang memakai antarmuka nirkabel,tidak mungkin untuk menempatan vlan pada antarmuka nirkabel dalam mode station yang dijembatani dengan antarmuka lainnya.
802.IQ 
yakni protokol yangpaling umum digunaka untuk virtual LAN(VLAN) adalah IEEE 802.IQ .ini adalah protol enkapsulasi standar yang mendifinisikan bagaimana memasukkan pengidentifikasi VLAN empat-byte ke header Ethernet.



Setiap Vlan diperlakukan sebagai subnet terpisah.ini berarti bahwa secara default, host dalam Vlan tertentu tidak dapat beromunikasi degan host yang merupakan anggota dari Vlan lain, meskipun mereka terhubung dalam switch yang sama. jadi jika anda ingin beromunikasi antar Vlan anda memerlukan router. RouterOS mendukung hingga 4095 antarnuka Vlan. masing-masing dengan ID Vlan yang unik , per antarmuka.prioritas vlan jiga dapat digunakan dan dimanipulasi.
Ketika Vlan memanjang lebih dari satu switch,link inter-switch harus menjadi trunk.dimana paketpaket ditandai untuk menunjukkan vlan mana berekal berasal. sebuah batang membawa lalu lintas beberapa vlan=itu seperti tautan point-to-point yang membawa paket-paket yang ditandai antara switch atau antara switch router.
Beberapa manfaat Vlan:
1.Performance
Vlan mampu mengurangi jumlah data yang dikirimkan ke tujua yang tidak perlu.sehingga lalu lintas data yang terjadi di jarigan tersebut dengan sendirinya akan berkurang.
2.Mempermudah Administrator jaringan
setiap kali komputer berpindah tenpat,maka kmputer tersebut harus di konfigurasi ulang agar mampu berkomunikasi dengan jaringan dimana komputer itu berada.Hal ini membuat komputer tersebut tidak dapat dioperasikan langsung setelah di pindahkan.
3.Mengurasi Biaya
Denga berpindahnya lokasi,maka seperti hal ya diatas akan menyebabkan biaya instalasi ulang. Dalam jaringan yang menggunaka VALAN, hal ini dapat diminimallisir atau dihapuskan.
4.Keamanan
VLAN bisa membatasi pengguna yang bisa mengakses suatu data,sehingga mengurasi kemungkinan terjadinya penyalahgunaan hak akses.
Tipe koneksi VLAN dapat dibagi menjadi 3 yaitu:
1.Trunk Link
2.Access Link
3.Hibrid Link (Gabungan Trunk dengan Access).


C.Kesimpulan
  Vlan merupakan Metode utuk menciptakan jaringan-jaringan yang secara logika tersusun sendiri-sendiri.Vlan sendiri berada dalam Jaringa local Area Network(LAN) sehingga dalam jaringan (LAN) bisa terdpat satu atau lebih VLAN.

 Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

































0 comments:

Post a Comment