Thursday, December 28, 2017

Jaringan komputer

Posted by Belajar Islam on December 28, 2017 with No comments








Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ





A. Pendahuluaan
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…
Di blog kali ini saya akan membahas tentang jaringan komputer

1. Pengertian
jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data.

2. Latar belakang atau sejarah
lahirnya konsep jaringan komputer pada Tahun 1940an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratium Bell dan goup rist universitas harvard yang dipimpin howard Aiken.
Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memmanfaatkan sebuah perangakt komputer yang harus dipakai bersama.untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun(batch proccesing) sehingga beberapa progam bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antian.
Kemudian ada Tahun 1950an ketika jenis komputer mulai berkembang dibuatlah super komputer yang harus bisa melayani beberapa tempat yang tersedia,karna itu ditemukan konsep distribusi proses berdasa rkan waktu yang dikenal dengan nama TTS(Time sharing system). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network ) komputer diaplikasikan. Pada sistem TTS beberapa terminal terhubung ke seluruh komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam satu jaringan(host) komputer. Dalam proses TTS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang padda awalnya berkembang sendiri- sendiri. Pada tahun 1969 departemen pertahanan Amerika .U.S. DARPA membuat riset yang bertujuan menghubungkan sejumlak komputer sehingga membentuk jaringan , program riset ini dikenal dengan ARPANET.pada Tahun 1970 sudah ada 10 komputer yang berhasil dihubungkanmembentuk jaringan. Pada Tahun 1972 roy Tomlinson berhasil embuat program surat elektronik (email) yang dibuat setahun lalu untuk ARPANET. Program itu begitu mudah sehingga langsung menjadi popular. Pada tahun 1973 jaringan komputer ARPANET mulai berkembang luas sampai keluar Amerika serikat. Pada tahun 1982 dibentuk TCP( transmision control protocol) yang dikenal dengan IP hingga saat ini.
3. Maksud dan tujuan
    agar memudahkan datam menerima dan mengirim informasi dengan mudah.
 tujuan dari jaringan komputer adalah untuk dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberi layanan. Pihak yang meminta layanan disebut client dan yang memberi disebut server, desain ini disebut client -server dan digunakan pada hanpir seluruh aplikasi jaringan komputer.

4. Hasil yang diharapkan
   jaringan komputer bisa terus berkembang mengikuti perkembangan zaman untuk memudahkan mengirim dan menerima informasi , berkomunikasi jarak jauh dan lain sebagainya.

B. Alat dan bahan
   untuk memperlajari jaringan komputer dibutuhkan media:
  •  Buku tentang jaringan komputer
  • laptop yang memiliki file tentang jaringan komputer
  • Akses internet agar memudahkan mencari informasi tentang jaringan komputer jika di buku sulit menumuka dan memahi
C. jangkau waktu pelaksaan
   waktu untuk mempelajari tentang jeringan komputer kira-kira 1-2 jam 
karna untuk mengerti dan faham butel itu cukup sulit.

D. proses dan tahapan pekerjaan
  tahapan untuk mempelajari jaringan komputer
  • mempelajari apa itu jaringan komputer
  • mempelajari sejarah dan latar belakang jaringan
  • mempelajari tujuan dibuatnya jaringan 
  • mempelajari manfaat dari jaringan komputer.
E. Hasil yang didapatkan
   saya dapat mengerti arti jaringan komputer dan saya dapat mengetahui sejarah dan tujuan dibuatnya jaringan komputer serta manfaat jaringan komputer.
F. Temuan permasalahan
 kesulitan saya itu dalam memahami sejarah dan latar belakang.
G. Kesimpulan
  jaringa komputer itu ialah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi.
sejarah dibuatnya jaringan komputer pada awalnya untuk meringkas waktu jadi dibuat proses beruntun sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian. jaringan komputer selalu berkembang dari tahun ke tahun. tujuan dibuat jaringa untuk mempermudah telekomunikasi .
H. Referensi dan daftar pusaka
   id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer 
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer



Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ








   






0 comments:

Post a Comment