Friday, December 29, 2017

Sinyal analog dan sinyal digital

Posted by Belajar Islam on December 29, 2017 with No comments




Assalamu'alaikum Warahmatullahi 


Wabarakatuh



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ



 A.Pendahuluan
di blog saya kali ini akan menuliskan tentang pengertian dan sejarah sinyal analog dan digital. 
1. pengertian 
 sinyal Analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu. yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0dan 1.

  2. Latar belakanng
  secara umum ,sinyal didefinisikan sebagai suatu besaran fisis yang merupakan fungsi waktu ,ruangan atau beberapa variabel. Sebuah sinyal dapat dinyatakan funsi dari waktu dan frekuensi.sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinyu(continous varying).Sinyal digital merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1(juga dengan biner)proses informasi pun muda, cepat dan akurat tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau yang relatif dekat.
Perbedaan sinyal analog dan digital, kalu sinyal analog itu sinyal yang menggunakan data dalam bentuk gelombang kalau sinyal itu sinyal data bentuk pulsa dam mempunyai besaran 0 dan 1.

3.Maksud dan tujuan -Agar mengerti tentang pengertian sinyal analog dan digital.
-Agar mengetahui perbedaan sinyal analog dan digital
-Agar mengetahui sejarah sinyal analog dan digital.

4.Hasil yang diharapkan
bisa megerti tentang sinyal analog dan digital
bisa membedakan antara sinyal analog dan digital
bisa mengerti dan faham sejarah sinyal analog dan digital

B. Alat dan bahan
     laptop yang ada file sinyal analog dan digital

C.sejarah sinyal analog dan digital  
      bentuk komunikasi antar makhluk hidup yang paaling awal adalah    suara,yang  di bangkitkan dari mult dan diterima oleh telinga.Apabila jarak antar komunikasi jauh dibutuhkan alat bantu berupa sesuatu yang dapat dilihat.contoh pada abad kedua sebelum Masehi orang yunani menggunakan sinyal obor untuk berkomunikasi.kombinasi posisi yang berbeda dari obor tersebut menghasilkankombinasi huruf huruf yunani.bentuk komunikasi obor ini merupakan bentuk awal komunikasi di jaman yunani, suara drum juga bisa digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Pada abad ke delapan belas, mulai diperkenalkan bendera semaphore untuk menyampaikan komunikasi. Bendera semaphore ini prinsipmya sama dengan obor pada jaman yunani.yang menghandalkan kemampuan penglihatan. Setiap kombinasi dari bendera semaphore menghasilkan huruf huruf latin. Pada Tahun 1753 ,charles Morrision seorang penemu dari scotlandia memperkenalkan sistem transmisi listrik menggunakan suatu kabel untuk masing masing huruf. Pada system ini di butuhkan kertas untuk mencetak. Pada Tahun 1835 samuel Morse memulai bereksperimen dengan telegraph,seperti yang kita kenal sekarang, telegraph dikenalkan pada tahun 1844 dan mulai lah komunikasi listrik. Pada tahun 1876 alexander graham bell memperkenalkan telepon. Merupak sistem komunikasi analog. 
 
E. hasil yang didapatkan
bisa faham tentang sinyal analog dan digital
bisa mengetahui pengolahan dari sinyal analog dan digital

F. Kesimpulan
    sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang kontinyu. Yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.
Sinyal digital adalah merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang mengalami perubhan tiba tiba dan merupakan besaran o dan 1. dulunya komunikasi hanya lewat obor dan sekarang mengalami perkembangan mula dari munculnya telepon,teletivi,hp dan lainnya sebagainya yang dipengaruhi dari sinyal analog dan digital.

G. Referensi dan daftar pusaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_Analog_dan_Digital
http://mysistemdigital.blogspot.co.id/2014/12/sejarah-dan-latar-belakang-sistem.html




Wassalamu'alaikum Warahmatullahi 


Wabarakatuh


وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ












 

0 comments:

Post a Comment