Wednesday, March 14, 2018

Manajemen Bandwidth Mikrotik dengan Simple Queue

Posted by Belajar Islam on March 14, 2018 with No comments









Assalamu'alaikum Warahmatullahi 


Wabarakatuh




السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ






A. Pendahuluan

Hay… bertemu lagi dengan saya pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang Manajemen Bandwidth Menggunakan Simple Queue yang saya pelajari dan dapatkan saat PKL di BLC Telkom Klaten.


1.Pengertian
Simple Queue adalah cara termudah untuk melakukan management bandwith.
yang diterapkan pada jaringan skala keli sampai menengah untuk mengatur
pemakaian bandwith upload dan download tiap user.

2.latar belakang
Saat ini banyak user/pengguna menggunakan akses internet untuk hal-hal yang kurang bermanfaat dan memakan banyak bandwidth, jadi saya akan melimit bandwidth untuk membatasi akses internet user.


3.Maksud dan tujuan
Mengimplementasi simple Queue yang ada di portal BLB Telkom Klaten


B.Hasil yang diharapkan
Berhasil mengkonfigurasi Queue dengan lancar


C. Alat dan bahan
Laptop
Koneksi internet
Winbox
Mikrotik
kabel UTP (straight)


D. Jangka waktu pelaksanaan
10 Menit


E. Proses tahapan pekerjaan
 
1. Masuk winbok lalu klik menu Queue>> pilih sub menu Simple Queues>> add.





2. Ubah
Name: "bebas" (sebagai identtas)
Target: ether1 "karena laptop saya terhubung ke router di ether1"
*Target upload & target download>> Max Limit: "bebas"
>> apply>> ok




3. Gambar dibawah ini adalah hasil konfigurasinya






4.untuk membuktikan bandwidth sudah di limit, cek melalui browser dengan 

memasukkan URL:beta.speedtest.net/id lalu klik mulai.


 
5.Tunggu beberapa saat. Gambar dibawah adalah hasil pengecekkan sesudah di limit





6. Saya coba disable simple queue yang kita konfigurasi tadi dan saya cek. Hasilnya berbanding jauh






F. Hasil yang didapatkan
Dapat membatasi bandwidth menggunakan queque


G. Kesimpulan yang didapatkan
Melimit bandwidth agar user tidak membuka situs berbandwidh yang  besar.

H. Referensi dan Daftar pusaka




Sekian dari saya , mohon maaf jika ada kekurangan dalam penulisan maupun materinya ,

Karna kesempurnaan hanya Milik Allah swt.

Semoga bermanfaat…..





               Wassalamu'alaikum Warahmatullahi  

     Wabarakatuh



وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ




0 comments:

Post a Comment