Saturday, March 3, 2018

Konsep Dasar OSPF

Posted by Belajar Islam on March 03, 2018 with No comments





Assalamu'alaikum Warahmatullahi 


Wabarakatuh



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ







A. Pendahuluan

Hay… bertemu lagi dengan saya pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang konsep dasar OSPF di mikrotik yang saya lakukan atau pelajari dan dapatkan di BLC Telkom Klaten.



1. Pengertian

Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis. 
 

2. Latar belakang

Untuk lebih memahami dan faham konsep dalam konfigurasi

3. Maksud dan tujuan

Agar tau dan faham konsep dasar nya , karna konsep dasar itu sangatlah penting



B.Alat dan bahan

Laptop

koneksi internet untuk shearcing

modul MTCNA -05 -2012



C. Jangkau waktu pelaksaaan


sekitar 2-3 jam untuk memahami konsep dasar OSPF



D. Proses dan Tahapan


Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis.

Pada OSPF dikenal sebuah istilah Autonomus System (AS) yaitu sebuah gabungan dari beberapa jaringan yang sifatnya routing dan memiliki kesamaan metode serta policy pengaturan network, yang semuanya dapat dikendalikan oleh network administrator. Dan memang kebanyakan fitur ini diguakan untuk management dalam skala jaringan yang sangat besar. Oleh karena itu untuk mempermudah penambahan informasi routing dan meminimalisir kesalahan distribusi informasi routing, maka OSPF bisa menjadi sebuah solusi.

OSPF termasuk di dalam kategori IGP (Interior Gateway Protocol) yang memiliki kemapuan Link-State dan Alogaritma Djikstra yang jauh lebih efisien dibandingkan protokol IGP yang lain. Dalam operasinya OSPF menggunakan protokol sendiri yaitu protokol 89.



Cara Kerja OSPF

Berikut adalah sedikit gambaran mengenai prinsip kerja dari OSPF:

  • Setiap router membuat Link State Packet (LSP)
  • Kemudian LSP didistribusikan ke semua neighbour menggunakan Link State Advertisement (LSA) type 1 dan menentukan DR dan BDR dalam 1 Area.
  • Masing-masing router menghitung jalur terpendek (Shortest Path) ke semua neighbour berdasarkan cost routing.
  • Jika ada perbedaan atau perubahan tabel routing, router akan mengirimkan LSP  ke DR dan BDR melalui alamat multicast 224.0.0.6
  • LSP akan didistribusikan oleh DR ke router neighbour lain dalam 1 area sehingga semua router neighbour akan melakukan perhitungan ulang jalur terpendek.

E.Kesimpulan

OSPF merupakan sebuah routing protokol yang dapat mendistribusikan informasirouting secara otomatis. OSPF juga merupakan routing protokol yangmenggunakan konsep hirarki routing,dengan kata lain OSPF juga mampumembagi-bagi jaringan menjadi beberapatingkatan. Tingkatan-tingkatan ini diwujudkan dengan menggunakan sistem

pengelompokan yaitu area.

F. Referensi dan Daftar pusaka

Modul MTCNA 05-2012

http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=91









0 comments:

Post a Comment