Friday, March 2, 2018

Langkah Blokir Situs Dengan Web Proxy Di MikroTik

Posted by Belajar Islam on March 02, 2018 with No comments



 Image result for gambar web proxy memblokir situs
     

A. Pendahuluan
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh , ketemu di blog saya lagi kali in saya akan memposting tentang langkah memblok website menggunakan web proxy  yang saya dapat  dan pelajari pada saat saya prakering di BLC Telkom Klaten.

1. Pengertian
Apa itu Proxy ? Proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.
 Web proxy merupakan Web Proxy Mikrotik memiliki beberapa fungsi, salah satunya yaitu fungsi filtering. Fitur Filtering Web Proxy ini dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Anda dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat anda lakukan jika hanya menggunakan NAT.

B. Latar Belakang
User login yang telah di buat pada mikrotik sering di gunakan untuk mengakses situs yang kurang bermanfaat maka dari itu saya akan  mempelajari langkah memblokir situs yang kurang bermanfaat dengan fitur web proxy yang di sediakan mikrotik dan saya juga ingin berbagi ilmu saya ke teman-teman semuan dengan memposting di blog.

C. Maksud Dan Tujuan
 Bisa Memblock situs yang kurang bermanfaat dan juga melakukan pemblokiran situs adalah agar setiap pengguna Internet tidak dapat sewenang-wenang dan se-enaknya sendiri dengan situs-situs yang tidak baik.

C.Alat dan bahan
    1.Laptop
    2.Aplikasi Winbox
    3.Mikrotik
    4.Jaringan Internet

D.Proses dan tahapan

1. Login ke Mikrotik dengan Winbox
2. Masuk ke menu IP –> Web Proxy –> Access –> Add rule baru





3. Masukkan detail website yang mau di blok
> Dst. Port : isikan port http 80
> Dst. Host : isikan alamat website yang mau di blok misalnya lazada.com
> Action : pilih deny untuk memblokir akses nya
>Redirect to : inongsiswati.blogspot.com , maksudnya waktu kita akan buka website lazada.com kita akan dialihkan ke inongsiswati.blogspot.com.


4. Sebelum rule nya diaktifkan pastikan cek website yang mau di blok itu bisa dibuka apa tidak.

            

5. Aktifkan rule nya, dan cek apakah website sudah berhasil di blokir. Jika sukses maka akan tampil halaman  ke blogspot  inongsiswati.blogspot.com karna tadi telah di  Redirect to atau di alihkan.




E. Hasil Dan Kesimpulan
Kesimpulannya adalah kita dapat melakukan block terhadap situs tertentu dengan mudah asalkan kita paham dan mau mempelajari materi yang akan kita praktekan.Kesimpulan pada kali menurut saya adalah ketika kita mengeblock situs tertentu menggunakan MikroTik sangat menguntungkan .
F.Referensi dan daftrar pusaka
 http://mikrotikindo.blogspot.co.id/ 

semoga bemanfaat…
mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan ,saya minta maaf

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

F.Referensi dan Daftar  pusaka
 https://mikrotikindo.bl

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..




0 comments:

Post a Comment