Friday, January 26, 2018

Chapter 1 materi training CCNA BLC Telkom

Posted by Belajar Islam on January 26, 2018 with No comments










A. Pendahuluan
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh….
Di blog saya kali ini saya akan menuliskan tentang materi chapter 1 Training cisco pada saat saya praktek kerja di BLC Telkom Klaten.

1. Pengertian
kegiatan training cisco CCNA , CCNA itu sendiri berarti(cisco certified network Associate) adalah sertifikasi yang populer di kompetensi IT dalam bidang teknologi jaringan komputer yang dikembangkan oleh cisco systems. Cisco menciptakan CCNA untuk mengenali kompetensi dasar dalam instalasi dan dukungan dari berskala menengah.
Jadi training cisco CCNA berarti pelatihan untuk memperoleh sertifikat CCNA.

2. latar belakang
Kegitan training ini dimaksudkan agar menambah wawasan peserta prakering tentang Cisco.

3. Maksud dan tujuan
Kegitan training ini bertujuan untuk melatih kesiapan mental peserta untuk menghadapi ujian CCNA.

B.Alat dan bahan
laptop
chapter 1 materi tentang cisco.

C. proses dan Tahapan
mulai dari dasar, apa itu jaringan ? Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar kemputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Apa kita butuh online? Bagi kebanyakan kita, internet telah menjadi bagian besar kehidupan sehari-hari. Siapa pemilik internet ? Tidak ada yang memiliki internet. Jaringan lokal hadir dalam berbagai ukuran mulai peer-to-peer (dua perngkat yang saling berhubungan),jaringan rumah,SOHO dan jaringan organisasi besar.
Mengirimkan data pada jaringan
Data adalah nilai yang mewakili sesuatu. Jaringan mentransmisikan datanya agar bisa berbagi dengan orang lain atau untuk penyimpanan jangka panjang.
Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit, Bit adalah kependekan dari “ Binary Digit”, yang berarti digit biner . Binary digit adalah unit satuan terkecil dalam komputasi digital. Fungsi bit di jaringan komputer menggunakan kode biner untuk mewakili dan menafsirkan huruf, angka dan karakter khusus dengan bit. Setiap kelompok delapan, bit seperti representasi huruf dan angka dikenal sebagai byte.
Transmisi Bit
bi ditransmisikan sebagai sinyal melalui listrik, serat optik(cahaya) dan nirkabel.
Kecepatan
Bandwith digital adalah jumlah data yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam jumlah waktu tertentu yang diukur dalam jumlah bit yang dapat dikirim melintasi media dalam hitungan detik.
Throughput adalah ukuran sebenarnya dari transfer bit ke media selama periode waktu tertentu. Faktor yang mempengaruhi throughput termasukk jumlah data yang dikirim/diterima ,jenis data yang ditransmisikan dan akumulasi latecy yang dihasilkan oleh jumlah perngakat jaringan yang ditemui antara sumber dan tujuan.
Jaringan lokal
infrastruktur atau kompune jaringan
a. intermediate devices (perangkat perantara) contoh Router, switch, Wireless router, firewal, Acces point , service provider switch dan call manager
b.End devices ( perangkat host/client) contoh laptop, printer,tablet, smart phone, ip phone, destop dan server.
c.Network media( media transmisi) LAN media, WAN media dan wirelas media.
Membangun jaringan sederhana
a. Jaringan peer -to-peer merupakan jaringan komputer dimana setiap komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut merupakan klien sekaligu juga server. Jaringan dibentuk tanpa adanya bentuk kontrol terpusat dari sebuah server yang terdedikasi.
b. jaringan client server adalah suatu bentuk arsitektur , dimana client adalah perangakat yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi ( software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi ,data dan keamanannya.
Untuk mengecek atau menguji konektivitas bisa dengan menggunkan perintah ping.

D. Hasil yang didapatkan
dapat mengetahui apa itu jaringan definisinya, dapat mengetahui siapa pemilik internet, dapat mengerti apa itu data , fungsi bit, penjelasan tentang bandwitdth dan throughput , mengetahui komponen jaringan, bisa mengerti pengertian tentang jaringan peer-to-peer dan client server serta bisa membangun jaringannya.

F. Kesimpulan
kegiatan training cisco CCNA , CCNA itu sendiri berarti(cisco certified network Associate) adalah sertifikasi yang populer di kompetensi IT dalam bidang teknologi jaringan komputer yang dikembangkan oleh cisco systems.
Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar kemputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Jaringan lokal hadir dalam berbagai ukuran mulai peer-to-peer (dua perngkat yang saling berhubungan),jaringan rumah,SOHO dan jaringan organisasi besar.
infrastruktur atau kompune jaringan
a. intermediate devices (perangkat perantara) contoh Router, switch, Wireless router, firewal, Acces point , service provider switch dan call manager
b.End devices ( perangkat host/client) contoh laptop, printer,tablet, smart phone, ip phone, destop dan server.
c.Network media( media transmisi) LAN media, WAN media dan wirelas media.
Jaringan peer -to-peer dan client server.

F . Referensi dan daftar pusaka
   chapter 1 materi training CCNA cisco
 













0 comments:

Post a Comment