Wednesday, January 17, 2018

Jenis-jenis MikroTik

Posted by Belajar Islam on January 17, 2018 with No comments








Assalamu'alaikum Warahmatullahi 

Wabarakatuh




السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ






A. Pendahuluan
Di blog saya kali ini saya akan memposting tentang jenis-jenis mikrotik.

1. pengertian
Mikrotik adalah perusahaan kecil yang berpusat di latvia, yang dibentuk oleh John trully dan Arnis Riekstins. Dan juga mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi perangkat keras(hardware) dan perangkat lunak (software) yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer yang berpusat di latvia.

2. sejarah atau Latar belakang
Pada Tahun 1969 John dan Arnis memulai dengan sistem linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN)
Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova.Negara tetangga Latvia baru kemudian melayani lima pelanggannya di latvia.prinsip dasar mereka bukan membuat wireless ISP (W-ISP) tetapi membuat program yang handal dan dapat di jalankan seluruh Dunia. Hingga saat kini ,mikrotik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

3. Maksud dan tujuan
Supaya bisa mengerti pengertian ,sejarah, dan jenis-jenis mikrotik.

4.Hasil yang diharapkan
bisa mengerti dan faham tentang mirotik secara mendalam.

B. Alat dan bahan
laptop
buku
akses internet

C. jangkau waktu pelaksanaan
1-2 jam

D. Proses dan tahapan
Jenis-jenis Mikrotik
a. Mikrotik Router OS
Merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network Router . Mikrotik Router sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakn untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur -fitur tersebut diantaranya : firewall & Nat, routing,Hospot,Point to point tunneling protocol,DNS server ,DHCP server dan masih banyak lagi fiturnya. Mikrotik router OS merupakan sistem operasi linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kumudahan bagi penggunanya.
Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows application (winbox).
Selain itu instalasi dapat dilakukan pada standard komputer PC. Pc ( personal computer) yang dijadikan router mikrotik tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk pengguna standard.Misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban besar network yang kompleks ,routing yang rumit disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai. Ini versi mikrotik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat dipasang pada komputer rumahan (PC).

b. Router Board
Router Board adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang dikembangkan oleh Mikrotik yang dadalamnya trinstall sistem operasi Mikrotik Router OS . Router Board seperti halnya komputer,tetapi Router Board memiliki ukuran yang sangat kecil dan praktis . Didalam Router Board juga terdapat processor,RAM, ROM,dan memory flash.

E. Hasil yang didapatkan
bisa mengerti dan faham jenis -jenis mikrotik.
F. Kesimpulan
Jenis-jenis Mikrotik
a. Mikrotik Router OS
Merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network Router . Mikrotik Router sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakn untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur -fitur tersebut diantaranya : firewall & Nat, routing,Hospot,Point to point tunneling protocol,DNS server ,DHCP server dan masih banyak lagi fiturnya.
b. Router Board
Router Board adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang dikembangkan oleh Mikrotik yang dadalamnya trinstall sistem operasi Mikrotik Router OS .
G. Referensi dan daftar pusaka
  https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik
  https://mikrotikindo.blogspot.co.id/2013/02/apa-itu-mikrotik-pengertian-mikrotik.html
 
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi 

Wabarakatuh



وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ





0 comments:

Post a Comment