Saturday, January 6, 2018

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ( SOP)

Posted by Belajar Islam on January 06, 2018 with No comments



Assalamu'alaikum Warahmatullahi 

Wabarakatuh



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


A.Pendahuluan
   Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Di blog kali ini saya akan memaparkan penjelasan tentang apa itu SOP, latar belakang dan manfaat dari SOP.

1.pengertian
standar operasional prosedur (SOP) adalah suatu set intruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif.

2.Latar belakang
Dalam penelitian klinis international council for Harmonization(ICH) medefinisikan SOP sebagai petunjuk terperinci  dan tertulis untuk mencapai
keseragaman kinerja fungsi. standar menu internasional ISO 9001 pada dasarnya mensyaratkan uan penentuan proses  dokumentasi sebagai prosedur operasi standar.

3. Manfaat standar operasional prosedur 
 a. sebagai standarisari  cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya. b.Mengurangi tinkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya. c.Menigkatkan efisiensi dn efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individu ataupun organisasi secara menyeluruh. d.Membantu pegawai untuk mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurai keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses. e.Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas. d.menigkatkan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membatu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan. f.Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya. g.Memberikan kompetensi dalam upaya penigkatan kompetensi pegawai. h.Memberikan informasi tentang beban berat yang di pikul seorang pegawai.

4. tujuan standar operasional prosedur (SOP)
a.Agar pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja. b.Agar mengetahui dengan jelas fungsi dan peran tiap-tiap posisi dalam organisasi. c.Memperjelas alur tugas,  wewenang dan tanggung jawab dari pegawai. d.Untuk menghindari kegagalan atau kesalahan dan keraguan.

5. Hasil yang di harapkan
a. Agar memperlancar tugas pegawai atau unit kerja.
b.sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan
c.Mengetahui dengan jelas hambatan -hambatannya dan mudah di lacak
d.mengarahkan pegawai untuk sama-sama disiplin dalam kerja.
e.Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan .  
6. asas asas penyusun SOP
Asas-asas penyusunan standard operating presedure:
-Asas pertanggung jawaban
-Asas Kepastian
-Asas Keseimbangan
-Asas Keterkaitan
-Asas kecepatan dan kelancaran
-Asas keamanan
-Asas keterbukaan 

7. teknik teknik menyusun SOP
Ada tujuh tahap atau langkah yang dapat digunakan untuk membuat suatu 
 prosedur yang baik dan memaksimalkan semua potensi yang ada, antara lain 
sebagai berikut :
Menentukan tujuan yang ingin dicapai  
Membuat rancangan awal
Melakukan evaluasiinternal
Melakukan evaluasi eksternal
Melakukan uji coba
Menempatkan prosedur pada unit terkait
Menjalankan prosedur yang sudah dibuat.

B.proses  dan Tahapan
Interaksi pemberian dan penerimaan jasa.
action mengelola kinerja melaks monitoring komunikasi
    
C.Hasil yang didapatkan
   kepuasan staf
   keamanan atau kenyamanan staf
   perubahan status .

D. Kesimpulan
 SOP adalah suatu set intruksi  yang memiliki kekuatan sebagai petunjuk atau direktif.

E.Referensi dan daftar pusaka
http://192.168.153.3/data/SOP%20K3%20%20Management%20Project/PENGERTIAN_STANDAR_OPERASIONAL_PROSEDUR.pdf




       Wassalamualaikum warahmatullahi    

                            wabarakatuh
  






















0 comments:

Post a Comment