Monday, January 29, 2018

Training CCNA chapter 3 BLC Telkom

Posted by Belajar Islam on January 29, 2018 with No comments










A. Pendahuluan
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh , ketemu di blog saya lagi kali in saya akan menuliskan tentang chapter 3 Training CCNA yang membahas tentang berkomunikasi di jaringan lokal, prinsip komunikasi, proses jaringan bekerja dan bagamana jarinan dapat dibangun dan lain sebagai yang saya dapat pada saat saya prakering di BLC Telkom Klaten.

1. Pengertian
berkomunikasi jaringan lokal ialah melakukan komunikasi di jaringan lokal.
Maksud komunikasi komputer adalah sebuah proses dimana dua atau lebih komputer-komputer atau peralatan-peralatan yang terhubung bersama dalam sebuah perangkat komunikasi dan media transmisi. Dan maksud jaringan lokal ialah LAN . LAN adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer-komputer atau perangkat -perangkat dalam sebuah area terbatas seperti rumah, kantor, laboratorium,atau gedung-gedung yang berdekatan . Masing-masing komuter atau perangkat di dalam jaringan LAN disebut dengan node.

2. Latar belakang
saya mengikuti training CCNA di BLC Telkom , untuk menambah wawasan saya tentang CISCO agar wawasan saya lebih luas tentang IT.

3. Maksud dan tujuan
saya mengikuti trining CCNA untuk menambah wawasan, dan saya menuliskan materi training CCNA chapter 3 saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman saya saat saya mengikuti training cisco , karna apa guna ilmu kalau tidak diamalkan , dan di share ke orang lain.

4. Hasil yang diharapkan
bisa mengikuti training CCNA dengan lancar , bisa fahan dan mengerti tentang materi CCNA chapter 3 agar nantinya bisa lanjut ke chapter berikutnya.

B. Alat dan bahan
laptop
madul chapter 3 materi training CCNA.

C.Proses dan tahapan
a.Prinsip komunikasi


 Menetapkan Aturan , tiga elemen penting dalam komunikasi
source ,Destiation dan Media transmisi,







protocol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokolmendefinisikan koneksi perangkat keras. 

 

Dan protocol stack adalah Protokol Stack atau dengan kata lain adalah tumpukan protokol dapat didefinisikan sebagai sekumpulan lapisan protokol atau protokol layer pada jaringan protokol yang terkumpulpada suatu layer pada jaringan komputer yang membentuk sebuah tumpukan atau stack. Stack dalam hal ini diartikan sebagai sebuah tumpukan layerpada jaringan komputer dimana setiap layer dapat memuat satu atau beberapa buah protokol dengan fungsi masing-masing. Setiap layer akan berkomunikasi dengan laye yang berada dibawahnya dan memberikan layanan pada layer yang berada diatasnya.

Dengan adanya protokol stack inilah semua aplikasi dan layanan didalam jaringan komputerdapat berjalan dengan baik dan setiap protokol akan menjalankan tugasnya masing-masing.  




protokol jaringan mendefinisikan banyak aspek komunikasi melalui jaringan lokal ,termasuk:
format pesan , ukuran pesan, waktu , pengkodean dan pola pesan enkapsulasi.
Organisasi standar jaringan standar dikembangkan , diterbitkan dan dipelihara oleh berbagai organisasi.

Memvisualisasikan cara kerja protocol
Berbagai jenis model jaringan
TCP/IP , TCP adalah suatu protokol yang berada di lapisan transport (baik itu dalam tujuh lapis model referensi OSI atau Model DARPA) yang berorientasi sambungan (connection-oriented) dan dapat diandalkan (reliable). TCP dispesifikasikan dalam RFC 793.




IP Internet Protocol disingkat IP) adalah protokol lapisan jaringan ( Network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork ( internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP. Versi IP yang banyak digunakan adalah IP versi 4 (IPv4) yang didefinisikan pada RFC 791 dan dipublikasikan pada tahun 1981, tetapi akan digantikan oleh IP versi 6 pada beberapa waktu yang akan datang.
Open system interconnection (OSI) model
Berbicara Bahasa jaringan







Bekerja dengan Model Osi , Model Osi adalah adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).





membagi tugas di model OSI
protocol untuk jaringan kabel
Ethernet adalah keluarga teknologi jaringan komputer untuk jaringan Wilayah setempat (LAN). Ethernet mulai merambah pasaran pada tahun 1980 dan dibakukan pada tahun 1985 sebagai IEEE 802.3. Ethernet telah berhasil menggantikan kabel teknologi LAN yang ikut bersaing lainnya.
ethernet telah menjadi factor standar ini berarti digunakan oleh hampir semua jaringan area lokal berkabel.




Protokol untuk jaringan wired
Ethernet terus berkembang (IEEE), institute and electronic Enginers (IEEE) mempertahankan standar Ethernet dan nirkabel.
IEEE bertanggung jawab untuk mempertahankan standar dan menyetujui perangkat tambahan baru.





Pengalamat Ethernet
setiap host yang terhubung ke jaringan Ethernet diberi alamat fisik unik yang megidentifikasinnya di jaringan yang biasa disebut mac .
Alamat fisik dikenal sebagai alamat mac access control (mac) dan diberikan ke nic saat direproduksi.
Proses jaringan bekerja

Mempersiapkan data untuk transmsi
Enkapsulasi adalah secara umum merupakan suatu proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi jenis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protokol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data ke format data yang dipahami oleh protokol tersebut.










De-Enkapsulasi adalah De-enkapsulasi adalah proses yang digunakan oleh perangkat penerima untuk menghapus satu atau lebih header protokol. Data ini de-enkapsulasi pada saat naik tumpukan menuju aplikasi pengguna akhir.
sebelum pesan jaringan dikirim melalui jaringan, jaringan tersebut dienkapsulasi dalam bingkai yang mengidentifikasi alamat MAC tujuan dan sumber.
Pengalamatan logis
Alamat fisik dan logika
Alamat Mac ditugaskan secara fisik NIC dan tidak pernah berubah
Alamat ip (alamat jaringan) secara logis diberikan ke host NIC
Alamt ip logis berisi dua bagia:
NID
HID







proses bagaimana jaringan di bangun…?

1.Dimulai dengan Desain yang baik
Akses Layer ini disebut layer desktop. Layer akses mengendalikan akses pengguna dengan workgroup ke sumber daya internetwork. Desain Layer akses diperlukan untuk menyediakan fasilitas akses ke jaringan. Fungsi utamanya adalah menjadi sarana bagi suatu titik yang ingin berhubungan dengan jaringan luar.





Distribusi Layer Distribusi disebut juga layer workgroup yang menerapkan titik kumunikasi antara layer akses dam layer inti. Fungsi utama layer distribusi adalah menyediakan routing, filtering dan untuk menentukan cara terbaik unutk menangani permintaan layanan dalam jaringan. Setelah layer distribusi mentukan lintasan terbaik maka kemudian permintaan diteruskan ke layer inti.
Layer Core atau lapisan inti merupakan tulang punggung (backbone) jaringan. Contoh dalam jaringan hirarki layer core berada pada layer teratas .Layer Core bertanggung jawab atas lalu lintas dalam jaringan. Dalam lapisan ini data – data diteruskan secepatnya dengan menggunakan motode dan protokol jaringan tercepat (high speed). Misalnya fast ethetnet 100Mbps, Gigabit Ethetnet, FDDI atau ATM. Pada lalulintas data digunakan swicth karena penyampaiannya pasti dan cepat.
Access layer
Perangkat lapisan Akses
- Menyediakan perangkat jaringan pertama y
ang menghubungkan host ke jaringan Ethernet kabel.Biasanya terhubung menggunakan swicth/hub.






Membangun lapisan akses yang lebih baik
Ethernet switches and Hub perbandingan -switches menerima dan men-decode frame untuk membaca bagian alamat fisik MAC dari pesan.
- switches memeriksa sebuah tabel pada switches, yang disebut tabel alamat MAC yang berisi daftar semua port aktif da alamat MAC host yang menyertainya.


Broadcast
Broadcast adalah sebuah metode pengiriman data, dimana data dikirim ke banyak titik sekaligus, tanpa melakukan pengecekan apakah titik tersebut siap atau tidak, atau tanpa memperhatikan pakah data itu sampai atau tidak. Salah satunnya, contoh penggunaan sistem ini adalah siaran televisi dan radio.
Broadcast mengirimkan pesan ke semua host.
Broadcast menggunakan mas address FFFF.FFFF.FFFF


Broadcast Domain
-jaringan lokal, jaringan dengan satu atau beberapa switch Ethernet. Juga disebut sebagai domain broadcast.
- bila pesan broadcast dikirim, semua akan meneruskan pesan ke setiap host yang terhubung dalam jaringan lokal yang sama.
- Berkomunikasi di access layer
- untuk mengirim pesan, host membutuhkan alamat ip dan alamat MAC dari host tujuan.
-Alamt I tujuan biasa dikenal sebagai host pengirim menentukan mac tujuan.
-Host pengirim dapat menggunakan protokol ipv4 yang disebut protocol resolusi alamat (ARP) untuk menentukan alamat MAC dari host manapun pada jaringan.



Routing di jaringan Menjaga sebuah
 TabelMemilih jalan
- setiap router membuat tabel routingnya yang berisi semua jaringan lokal dan jaringan jarak jauh dan antarmuka yang terhubung dengannya.
-Router menggunakan tabel routing dan paket forwad ke jaringan yang terhubung langsung yang berisi host tujuan sebenarnya, atau ke router lain di jalan untuk mencapai host tujuan.































Membuat Tabel
-Router membangun tabel routing mereka dengan terlebih dahulu menambahkan jaringan lokal mereka terhubung, dan kemudian belajar tentang jaringan lain yang menggunakan protokol routing dan static route
Proses router menggunakan kabel
Mengirim ke jaringan jarak jauh

- jika H1 mengirim sebuah paket ka H7, Router akan memeriksa tabel routingnya dan menentukan bahwa untuk mencapai jaringan 172. 16. 10/24 , ia harus meneruskan paket dari antarmuka fa0/1 nya.

- karena jaringan keluar adalah jaringan Ethernet yang terhubung langsung , router mungkin juga harus menggunakan alamat ip ARP.
-Menugaskan host ke LAN.

























D.Kesimpulan
berkomunikasi jaringan lokal ialah melakukan komunikasi di jaringan lokal.
Maksud komunikasi komputer adalah sebuah proses dimana dua atau lebih komputer-komputer atau peralatan-peralatan yang terhubung bersama dalam sebuah perangkat komunikasi dan media transmisi.Prinsip komunikasi
Menetapkan Aturan , tiga elemen penting dalam komunikasi
source ,Destiation dan Media transmisi,protocol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. protocol untuk jaringan kabel Ethernet adalah keluarga teknologi jaringan komputer untuk jaringan Wilayah setempat (LAN). Ethernet mulai merambah pasaran pada tahun 1980 dan dibakukan pada tahun 1985 sebagai IEEE 802.3.
Mempersiapkan data untuk transmsi
Enkapsulasi dan De Enkapsulasi
Pengalamatan logis
Alamat fisik dan logika
Alamat Mac ditugaskan secara fisik NIC dan tidak pernah berubah
Alamat ip (alamat jaringan) secara logis diberikan ke host NIC
Alamt ip logis berisi dua bagian NID dan HID.
Dimulai desain yang baik akses , Distribusi dan core.

E.Referensi dan Daftar pusaka
modul chapter 3 Training CCNA




Wassalamu'alakium warahmatullahi wabarakatuh








0 comments:

Post a Comment