Thursday, January 25, 2018

Training Cisco BLC Telkom Klaten

Posted by Belajar Islam on January 25, 2018 with No comments





 Image result for gambar cisco


A.Pendahuluan
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh….
Di blog saya kali ini saya akan memposting tentang hari pertama saya Training CISCO di BLC Telkom Klaten.

1. pengertian
Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada jaringan Area luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router informasi dapat diteruskan ke alamat -alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan .yang bertujuan mengirimkan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya.
Dengan menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas
data.paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang di tuju agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuan dengan cepat,router harus memproses data dengan sangat cepat. Cisco router menggunakan central procesing unit(CPU) seperti yang digunakan di komputer untuk proses lalu lintas data dengan cepat.seperti komputer cisco juga memiliki sejumlah jenis memori yaitu ROM,RAM,NVRAM dan FLASH. Sistem operasi yang digunakan cisco router adalah internetwork operating system(IOS). Memori yang digunakan di cisco masing-masing mempunyai fungsi sendiri-sendiri sebagai berikut:
ROM berguna untuk menyimpan sistem bootstarap yang berfungsi untuk mengatur proses boot dan menjalankan POST dan IOS image
RAM berguna untuk menyimpan running configuration dan sistem operasi IOS yang aktif
NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi awal.
FLASH berguna untuk menyimpan IOS image.
Cisco Networking Academy cisco juga menjalankan kursus networking yang di kenal dengan cisco Networking Academy, dimana kampus dan sekolah untuk belajar . Ditawarkan pada cisco Academy antara lain sebagai berikut:
1. CCNA memberikan pelajaran tingkat dasar
2. CCNP pelajaran lebih kompleks mengenai konfigurasi jaringan dan bagaimana mendiagnosa memperbaikan jaringan.
3. CCIE jenjang yang paling puncak .

2. Latar belakang
Cisco lahir dari sepasang suami istri yang bernama Len Bosack dan Sandy Lerner yang kedaunya bekerja di departemen yang berbeda di universitas stanford, keduanya mengalami kesulitan untuk saling berkomunikasi karena memang pasangan ini berbeda departemen. akhirnya mereka berpikir bagaimana cara menghubungkan kedua departemen ini agar komunikasi mereka lancar.
disinilah awal mula lahirnya cisco di tahun 1980-an, mereka membuat sebuah server gateway diruang tamu untuk menghubungkan komputer-komputer dangan menggunakan protokol ip. dan pada tahun 1984 mereka membentuk perusahan cisco system, dan memperkenalkan sebuah produk server gateway mereka secara komersil yang akhirnya mengubah dunia networking sampai pada saat ini
lalu mengapa mereka menamakan perusahaan mereka dengan Cisco ? dari mana kata cisco ?
diantara spekulasi yang muncul, ada yang mengatakan bahwa cisco itu sebenarnya berawal dari kata “san francisco system” namun dalam perjalanan ke pengacara kertas tersebut tersobek jadi kata san fran nya hilang, sehingga pada tahu 1992 perusahann itu berubah nama jadi Cisco system menurut versi todd lammle. siapa yang tahu? dan sampai pada 2009 tercatat Perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar US $ 138.700.000.000.
3. Maksud dan tujuan
Training Academy cisco ini dimaksudkan agar siswa yang bisa mengikuti pelatihan atau training untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang cisco serta dapat sertifikat CCNA.
4. Hasil yang diharapkan
siswa dapat mengikuti dan bepartisifasi dalam kegiatan training Cisco CCNA serta siswa yang mengikuti training bisa mendapatkan sertifikat CCNA.
B.Alat dan Bahan
Laptop , koneksi internet untuk mendownload materi yang di bahas di training CCNA pada alamat yang sudah disediakan.
C. proses dan Tahapan
Training CCNA ini di bahas mulai dari dasar -dasar dan pengertian sampai ke konfigurasi.
D.Hasil yang didapatkan
Dapat mengikuti dan bepartisipasi training CCNA dengan dengan lumayan cukup baik.
Dan dapat mengerti apa cisco lebih mendalam.
E. kesimpulan
Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada jaringan Area luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router informasi dapat diteruskan ke alamat -alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan .yang bertujuan mengirimkan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya.
Cisco lahir dari sepasang suami istri yang bernama Len Bosack dan Sandy Lerner yang kedaunya bekerja di departemen yang berbeda di universitas stanford, keduanya mengalami kesulitan untuk saling berkomunikasi karena memang pasangan ini berbeda departemen.

F.Referensi dan daftar pusaka

http://e-komputer.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-dan-sejarah-cisco_4.html

0 comments:

Post a Comment