Tuesday, February 13, 2018

Langkah konfigurasi dasar cisco part 2 packettracer

Posted by Belajar Islam on February 13, 2018 with No comments































































































































       
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

السَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ

  

Konfigurasi dasar pada cisco packettracer








A. Pendahuluan
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh , ketemu di blog saya lagi kali in saya akan menuliskan atau memposting tentang konfigurasi dasar cisco packettracer.

1. pengertian
  Cisco IOS adalah sistem operasi berbasis teks yang digunakan pada perangkat switch dan router cisco . Perintah -perintah  cisco IOS dikelompokkan menjadi beberapa  model  yang disebut exec mode, privileged mode dan global configuration .

2. latar belakang
  latar belakang saya konfigurasi dasar cisco saya ingin mempelajari sekaligus bisa dan memahami langkah konfigurasi dasar mikrotik.

3. maksud dan tujuan
   Maksud dan tujuan saya konfigurasi dasar cisco packettracer supaya wawasan saya lebih luas tentang IT.

B. Alat dan bahan
   laptop
   software aplikasi cisco packettracer
  
C.Proses dan Tahapan
 buat topologinya, hubungkan kabel dengan interface sesuai dengan topologi di bawah ini, klik PCO kemudian buka terminal pada tab destop.
lihat gambar di bawah ini.


klik no untuk memulai konfigurasi secara manual.

langkah selanjutnya


 


penjelasan login password yang pertama yakni password line login.
Password yang kedua masukkan password device.





Kemudian konfigurasi Addressing pada host PC

klik Host PC kemudian pilih tab destop→ ip configuration.







 


 Jika identitas ip address untuk semua Host telah terpasang ,lakukan pengecekan koneksi pc gateway  nya interface fa0/1 RT-Jati menggunakan applikasi command prompt.




D. Temuan permasalahan
   saya kesulitan menghafal langkah-langkah konfigurasinya


E. Hasil yang didapatkan
  saya bisa mengerti apa itu cisco dan saya bisa konfigurasi dasar cisco packettracer.


F. Kesimpulan
   Untuk melakukan konfigurasi dasar cisco packettracer cukup mudah kalau kita mau berusaha membaca dan memahami mulai dari pembuatan nama router dan password, login line console 0 dan password, login line vty  dan password, service password untuk mengenkripsi password dan masukkan interface dengan ip address no shutdown selesai konfigurasi dasar router lalu isikan ip di masing- masing pc.



Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ùˆَ السَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ











   

0 comments:

Post a Comment